Merajut Bambu Seribu Candi 2013 [latar belakang]

Posted on Maret 22, 2013

0


cover

 

Tentang Merajut Bambu Seribu Candi, 2012

Masih hangat dalam ingatan, keriuhan warga tumpah ruah dalam Pasar dan Gelar Seni yang dihelat di sepanjang sumbu Candi Pawon dan Candi Borobudur, melebur dengan tarian reog dan topeng ireng. Gelar seni ini tak hanya menghidupkan nadi Candi Borobudur namun menjadi pelepas lelah dan dahaga dari banyaknya warga lokal, para praktisi arsitek dan ratusan mahasiswa dari seluruh universitas di Indonesia yang telah bergotong-royong, merajut semangat nusantara, membangkitkan kemanusiaan lewat karya nyata mereka melalui  bambu.

Gagasan awal muncul di tahun 2012 dari kalangan arsitek; (Alm.) Dr. Galih Widjil Pangarsa (UB, Malang), Paulus Mintarga (rempah rumahkarya, Solo), Adi Purnomo (MamoStudio, Bogor),  Prof. Josef Prijotomo (ITS, Surabaya) dan Yu Sing (Studio Akanoma, Bandung). Ada kesamaan perspektif. Kami memandang bahwa di tanah air ini keguyuban kehidupan bersama tampak terancam punah: masyarakat semakin egois dan individualis. Dengan menindas yang lebih lemah, yang kuatlah yang akhirnya dapat bertahan. Kehidupan budaya –termasuk arsitektur- tergusur kepentingan kapitalisme global. Sudah barang tentu pihak yang terlemah –alam lingkungan- adalah yang paling menderita. Merajut Bambu menggalang upaya perbaikan, sesuai dengan kemampuan, kesanggupan, dan kesempatan yang tersedia. Betapa kecil pun itu, akan bermakna besar dalam kebersamaan.

Sekitar 300-an mahasiswa dan fresh-graduate dari Jakarta (UI, Untar,  UPH, ITI, Trisakti), Bandung (ITB, ITENAS,UPI), Semarang (UNDIP, Soegijapranata, UNES), Jogja (UGM, Atmajaya, UKDW), Solo (UNS, ISI Solo), Surabaya (UPN, ITS), Denpasar (Udayana), dan Malang (UIN, UB)dan komunitas bambu secara bergiliran dalam “kloter-kloter” bergotong-royong mengerjakan segala jenis pekerjaan pada semua tahap: mulai dari pengawetan, penyiapan elemen konstruksi sampe pemasangan.

Terbangunlah media ruang di Dusun Brojonalan, Desa Wanurejo berupa instalasi bagian dari persiapan Gelar Budaya Wanurejo dan Balai Ajar di Dusun Tegal Wangi, Desa Tegal Arum berupa balai ajar dari konstruksi bambu tempat belajar anak, temu warga, latihan/pertunjukan seni, dll.

Suasana Workshop Merajut Bambu Seribu Candi 2012

Suasana Workshop Merajut Bambu Seribu Candi 2012

Suasana Saat Proses Konstruksi & Acara Merajut Bambu Seribu Candi 2012

Suasana Saat Proses Konstruksi & Acara Merajut Bambu Seribu Candi 2012

 

Posted in: Uncategorized